Catatan Si DjaiL

Permasalahan pada komputer

Posted by: zonder77

Permasalahan pada komputer

Gejala dan solusi
1. Suara bip 1,2,3,4 kali : perbaiki posisi RAM / memori pada slot memori, pindahkan RAM pada slot yang kosong, atau dengan cara mengganti dengan RAM yg baru.

2. Suara bip 5 kali : perbaiki posisi prosesor pada mobo.

3. Suara bip 6 kali : perbaiki posisi port keyboard atau ganti chipset yg mengatur fungsi keyboard.

4. Suara bip 7 kali : kmungkinan kerusakan pada prosesor jd tinggal perbaiki posisi pemasangannya atau ganti dengan prosesor baru.

5. Bip 8 kali : kesalahan pada VGA, ganti dengan VGA baru atau mungkin posisi letak VGA kurang pas.

6. Suara bip 9 atau 10 kali : ganti chip bios atau upgrade program bios.

7. Suara bip 11 kali : ini kerusakan pada cache memori hanya bias diatasi dengan
mengganti cache dengan yg baru.

8. Proses kerja computer anda lambat : kemungkinan terjangkit virus,prosesor panas atau RAM terlalu kecil dapat diatasi buang aplikasi yg tidak berguna,tambah kapasitas RAM dengan yg lbih besar (seimbang dengan kapasitas harddisk),shut down computer untuk sementara waktu agar prosesor mendingin,cek kipas prosesor dan scan computer dengan antivirus scra berkala (jangan lupa trus diupdate).

9. Suka restart sendiri : bersihkan mobo dari debu yg mengganggu, upgrade bios dengan tipe yg sama atau mungkin karena power supply terjadi kerusakan (ganti dengan yg baru aja).

10. Mobo blank atau tidak bereaksi : kemungkinan karena bios rusak,prosesor rusak / hangus, chipset rusak, memory rusak atau mungkin power supply tidak berfungsi lg solusinya ya ganti aja alat yg rusak dengan yg baru.

This entry was posted on 10:39 PM . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 komentar

Post a Comment

>

ShoutMix chat widget

Guestbook Rolling Widget